Pages

Senin, 15 September 2014

0 Permainan Tradisional Sunda “Go To United Kingdom-Wales”

Oleh : Mokhammad Ridwan Yudhanegara, M.Pd.

International-Inspiration

Salah satu program International-Inspiration yang diselenggarakan dan disponsori oleh British-Council yaitu program kemitraan antar sekolah yang ada di Indonesia dan skolah yang ada di United Kingdom. Harapan dari program tersebut adalah terjadinya hubungan erat antar sekolah untuk mengembangkan kegiatan olahraga, kepemimpinan siswa, dan permainan tradisional siswa lintas negara. Kegiatan tersebut menumbuhkan ide–ide baru bagi warga sekolah terutama guru sebagai kunci dari keberhasilan dalam program yang dijalankan.
Melalui program International-Inspiration yang diselenggarakan dan disponsori oleh British-Council, permainan tradisional sunda diantaranya “Galah Santang, Boy Boyan, dan Bebentengan” berhasil dinikmati siswa sekolah dasar dan sekolah menengah di kota Swansea-Wales. Gors Community Primary  School dan Dylan Thomas Community Secondary School adalah sekolah yang telah menerima peltihan langsung permainan tradisional sunda dari guru SD Negeri Kamarung I. Gors  Community Primary School dan Dylan Thomas Community Secondary School adalah sekolah yang berada di United Kingdom tepatnya di kota Swansea di negara Wales. Adapun SD Negeri kamarung I adalah sekolah yang berada di kabupaten Subang. Sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang kemitraan yang dijalankan menghasilkan nama baik bagi kedua negara.
“Welsh Folk Dance” adalah salah satu tarian tradisional penduduk negara Wales yang telah diajarkan ke  guru dan siswa SD Negeri Kamarung I melalui kujungan langsung guru dari sekolah mitra UK ke Indonesia pada tahun 2011. Tarian ini menjadikan semangat para guru dan siswa untuk dipelajari dan dikembangkan di sekolah. Tidak kalah kreatifnya juga, melalui kunjungan langsung ke Wales pada Maret 2013 lalu saya (Selaku guru dari Indonesia) juga membawa permainan tradisional Galah Santang, Boy Boyan, dan Bebentengan untuk diajarkan dan dikembangkan di sekolah mitra di Wales.
Antusias dan respon guru beserta siswa sekolah mitra di Wales untuk mempelajari permainan tradisional sunda tersebut sangat tinggi, sampai pada akhirnya mereka mengeluarkan pernyataan akan menjadikan Galah Santang, Boy Boyan, dan Bebentengan sebagai kegiatan ekstrakurikuler olahraga sekolah pada awal tahun ajaran baru. Ini merupakan tolok ukur keberhasilan Indonesia di bidang pendidikan sekaligus nilai positif yang sangat baik bagi Indonesia.
Sported by:
YST_stacked_rgb

BC

About the Author

I'm Dilipkumar, the founder of Wordpresstoblogger.info. This blogger Template was made by me, if you like it Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter Wptoblogger

    Other Recommended Posts

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top